Teknologi 5G Menjanjikan Koneksi Lebih Cepat

Teknologi 5G Menjanjikan Koneksi Lebih Cepat

Teknologi 5G Menjanjikan Koneksi Lebih Cepat


Teknologi 5G Menjanjikan Koneksi Lebih Cepat



Teknologi 5G adalah generasi berikutnya dari komunikasi nirkabel. Mampu menyediakan koneksi Internet yang setidaknya 40 kali lebih cepat dari 4G LTE. Teknologi 5G dapat menggunakan berbagai pita spektrum, termasuk 

spektrum millimeter wave (mmWave), yang dapat membawa data dalam jumlah sangat besar dalam jarak dekat. Teknologi ini menawarkan kecepatan lebih cepat dan koneksi yang lebih andal pada smartphone dan perangkat lain daripada sebelumnya.
Kelemahan dari frekuensi yang lebih tinggi adalah lebih mudah terhalang oleh dinding bangunan, pohon dan dedaunan lainnya, dan bahkan cuaca buruk.

Menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian terbaru, 5G menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat daripada koneksi saat ini, dengan kecepatan download rata-rata sekitar 1GBps.

Jaringan ini akan membantu meningkatkan teknologi Internet of Things, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar, memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung.

Jaringan 5G diharapkan akan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020, bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi lebih cepat yang tetap online di mana pun Anda berada.

Saat ini, sebelum debut 5G yang diharapkan sekitar tahun 2020,  perusahaan seperti Verizon, AT&T, Samsung, dan Ericsson sedang menguji kemajuan baru dalam pemrosesan sinyal, chip, dan teknologi antena yang akan memungkinkan generasi berikutnya dari konektivitas seluler.

Saat pasar teknologi 5G menjadi fokus, sejumlah teknologi muncul sebagai hal yang vital bagi 5G ini sendiri. Ini termasuk teknologi mmWave tersebut; small cells; massive multiple input, multiple output (MIMO); full duplex; software-defined networking (SDN), dan beamforming..

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser